Kamis, 22 Oktober 2015

JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER
Pada posting kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai jenisjenis jaringan komputer. Mungkin Yang sering dibahas dan sering dipelajari di sekolah ada tiga jenis jaringan,namun jenis jenis jaringan komputer tidak hanya WAN (Wide Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan juga LAN (Local Area Network). Selain jenis jaringan tersebut ada juga jaringan komputer yang lain seperti internet dan wireles. s.
Jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya. Secara umum jaringan terdiri atas lima jenis, yaitu :
1.  Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran hingga beberapa kilometer. LAN sering kali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi atau workstation  dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai sumber daya (resource)  seperti printer  secara bersama-sama, dan saling bertukar informasi.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
a.   Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
b.  Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
c.   Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
2.  Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) merupakan versi LAN  yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencangkup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3.  Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) memiliki jangkauan yang mencangkup daerah geografis yang luas. WAN mampu melingkupi sebuah negara bahkan benua. Jenis jaringan ini terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
4.  Internet
Orang yang terhubung kejaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Kumpulan jaringan yang saling terhubung (terinterkoneksi) inilah yang disebut dengan Internet.
5.  Jaringan Tanpa Kabel 
Jaringan Tanpa Kabel atau yang biasa lebih di kenal dengan Wireless merupakan sebuah solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Jaringan tanpa kabel memiliki kelebihan karena lebih leluasa bergerak (mobile) dalam melakukan aktifitas komunikasi.


Refensi
modul pembelajaran smk 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar